Hasilkan Uang Dari Short Link

Pengertian Dan Problem Kesehatan Lingkungan

 Adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara faktor kesehatan dan faktor lin Pengertian dan Masalah Kesehatan LingkunganIlmu Kesehatan Lingkungan Adalah ilmu yang mempelajari kekerabatan timbal balik antara faktor kesehatan dan faktor lingkungan Kesehatan lingkungan merupakan faktor penting dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, bahkan merupakan salah satu unsur penentu atau determinan dalam kesejahteraan penduduk. Di mana lingkungan yang sehat sangat diharapkan bukan hanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tetapi juga untuk kenyamanan hidup dan meningkatkan efisiensi kerja dan belajar.

Seputar Pengertian Dan Masalah Kesehatan Lingkungan.
Kesehatan Lingkungan
Kesehatan lingkungan yakni kesehatan yang sangat penting bagi kelancaran kehidupan dibumi, alasannya adalah lingkungan adalah daerah dimana pribadi itu tinggal. Lingkungan yang sehat dapat dikatakan sehat kalau sudah memenuhi syarat-syarat lingkungan yang sehat.

Syarat-syarat Lingkungan Yang Sehat
  1. Keadaan Air. Air yang sehat yaitu air yang tidak berbau, tidak tercemar dan dapat dilihat kejernihan air tersebut, bila sudah niscaya kebersihannya dimasak dengan suhu 1000C, sehingga kuman yang di dalam air tersebut mati.
  2. Keadaan Udara. Udara yang sehat adalah udara yang didalamnya terdapat yang dibutuhkan, contohnya oksigen dan di dalamnya tidak tercemar oleh zat-zat yang merusak badan, contohnya zat CO2 (zat carbondioksida).
  3. Keadaan tanah. Tanah yang sehat adalah tanah yang baik untuk penanaman suatu tanaman, dan tidak terkontaminasi oleh zat-zat logam berat.

Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan
  1. Tidak mencemari air dengan membuang sampah disungai
  2. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor
  3. Mengolah tanah sebagaimana mestinya
  4. Menanam flora pada lahan-lahan kosong

Tujuan Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan
    
Mengurangi Pemanasan Global. Dengan menanam tanaman sebanyak-banyaknya pada lahan kosong, maka kita juga ikut serta mengurangi pemanasan global, karbon, zat O2 (okseigen) yang dihasilkan tumbuh-tanaman dan zat tidak eksklusif zat CO2 (carbon) yang menimbulkan atmosfer bumi berlubang ini terhisap oleh tanaman dan secara eksklusif zat O2 yang dihasilkan tersebut dapat dinikmati oleh manusia tersebut untuk bernafas.

Menjaga Kebersihan Lingkungan. Dengan lingkungan yang sehat maka kita harus menjaga kebersihannya, sebab lingkungan yang sehat ialah lingkungan yang bersih dari segala penyakit dan sampah. Sampah yakni musuh kebersihan yang paling utama. Sampah dapat dibersihkan dengan cara-cara sebagai berikut ;

Membersihkan Sampah Organik. Sampah organik ialah sampah yang mampu dimakan oleh zat-zat organik di dalam tanah, maka sampah organik mampu dibersihkan dengan mengubur dalam-dalam sampah organik tersebut, acuan sampah organik ialah Daun-daun tumbuhan, Ranting-ranting tumbuhan, Akar-akar tanaman.

Membersihkan Sampah Non Organik. Sampah non organik yaitu sampah yang tidak mampu hancur (dimakan oleh zat organik) dengan sendirinya, maka sampah non organik dapat dibersihkan dengan mengkremasi sampah tersebut dan lalu menguburnya.

Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan

Kontribusi lingkungan dalam mewujudkan derajat kesehatan merupakan hal yang essensial di samping duduk perkara sikap masyarakat, pelayanan kesehatan dan faktor keturunan. Lingkungan memperlihatkan kontribusi terbesar terhadap timbulnya masalah kesehatan masyarakat.

Berikut adalah Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan berdasarkan WHO :

  1. Penyediaan Air Minum
  2. Pengelolaan air Buangan dan pengendalian pencemaran
  3. Pembuangan Sampah Padat
  4. Pengendalian Vektor
  5. Pencegahan/pengendalian pencemaran tanah oleh ekskreta manusia
  6. Higiene makanan, termasuk higiene susu
  7. Pengendalian pencemaran udara
  8. Pengendalian radiasi
  9. Kesehatan kerja
  10. Pengendalian kebisingan
  11. Perumahan dan pemukiman
  12. Aspek kesling dan transportasi udara
  13. Perencanaan tempat dan perkotaan
  14. Pencegahan kecelakaan
  15. Rekreasi umum dan pariwisata
  16. Tindakan-tindakan sanitasi yang berhubungan dengan keadaan epidemi/wabah, petaka dan perpindahan penduduk.
  17. Tindakan pencegahan yang diharapkan untuk menjamin lingkungan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Problem Kesehatan Lingkungan"

Post a Comment