Hasilkan Uang Dari Short Link

Perihal Dan Seputar Manfaat Buah Cherry

 di sebagian daerah Indonesia juga dikenal dengan nama kersen Tentang dan Seputar manfaat Buah Cherry
. Buah Cherry atau Ceri, di sebagian kawasan Indonesia juga dikenal dengan nama kersen, merupakan buah dari flora pohon yang umumnya ditanam sebagai flora pelindung panas. Ini karena cabang pohon Ceri yang sangat kerap serta daunnya yang sangat lebat mampu meneduhkan dari sinar matahari. Buah Cherry memang telah usang dikenal bisa dimakan, dan bahkan buahnya memiliki rasa anggun yang unik banyak disukai anak-anak.

Buah Cherry dengan ukuran diameter buah hingga 2 cm ini yaitu buah berbiji yang terletak didalam kulit yang bercampur dengan daging buahnya.Warna buah cherry jikalau sudah masak,  kulitnya yang tipis ini berwarna merah kehitaman dan mengkilap. Tahukah Anda jikalau buah cherry ini ternyata banyak mengandung gizi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan?

Berikut kandungan gizi dan manfaat buah ceri untuk kesehatan

Cherry adalah salah satu buah dengan kalori yang sangat rendah, namun merupakan sumber kaya nutrisi, vitamin, dan mineral. Dan yang kedua, buah Cherry rasanya bagus serta banyak mengandung senyawa yang penting lainnya untuk kesehatan.

Sumber Antioksidan yang kuat
Pigmen yaitu senyawa flavonoid polifenol yang dikenal sebagai glikosida antosianin. Anthocyanin yakni yang menciptakan pigmen warna pada buah dan sayuran mirip merah, ungu atau biru, terutama yang terkonsentrasi di kulit. Antochyanin diketahui mempunyai sifat anti-oksidan yang besar lengan berkuasa.

Anti peradangan
Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa anthocyanin dalam buah ceri juga bersifat  anti inflamasi,  dengan cara menghalangi tindakan enzim siklooksigenase-1, dan 2 . Dengan demikian, mengkonsumsi ceri memiliki imbas kesehatan yang potensial mengurangi rasa yang menyakitkan pada penyakit kronis seperti artritis gout, fibromyalgia (kondisi otot yang menyakitkan) dan cedera olahraga.

Efek melawan kanker dan penuaan
Studi penelitian juga menawarkan bahwa senyawa antioksidan dalam ceri juga membantu tubuh insan untuk melawan kanker, penuaan dini, penyakit saraf, dan kondisi pradiabetes.

Menenangkan syaraf
Buah ceri sangat kaya akan melatoninn. Melatonin yaitu antioksidan yang mampu melintasi penghalang darah keotak otak dengan gampang,  dan menghasilkan imbas menenangkan pada saraf otak, menenangkan sistem iritasi saraf, yang membantu meringankan neurosis, insomnia dan kondisi sakit kepala.

Kaya mineral penting
Buah Cherry juga sumber seng, zat besi, kalium, dan mangan dan tembaga. Kalium yakni mineral untuk jantung sehat, sebuah nutrisi penting dari sel dan cairan badan yang berguna untuk mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Melindungi badan dari efek radikal bebas
Buah, ceri  sangat kaya flavonoid poli fenolik dan antioksidan seperti lutein, zea-xanthin dan beta karoten. Senyawa ini bertindak sebagai zat santunan terhadap efek  radikal bebas berbahaya, sehingga berperan dalam memperlambat proses penuaan, mencegah kanker dan berbagai penyakit lain. Sifat zat anti inflamasi buah ceri ditemukan efektif untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung , dengan melakukan pembersihan badan  terhadap radikal bebas.

Buah Cherry di Santiago, Chile

Di Santiago, cherry   muncul  menjelang   bulan Desember, booming pada Januari dan Pebruari tahun berikut,  lalu mulai hilang pada  sekitar akhir bulan Maret.  Keberadaan buah ini selalu saya tunggu menjelang Desember. Rasanya yang manis antara ada dan tiada, segar, buahnya  kenyal dan penampakan buah  yang manis dan mulus. Ada dua macam cherry yang bisa ditemui di Chile, yang berwarna merah pekat kehitaman rasanya tidak terlalu cantik, dan berwarna merah muda campur putih rasanya sangat manis.

Harga cherry perkilo di Santiago  bila gres panen sekitar 3.000 pesos ( 6 dolar AS), tapi kalo lagi booming harganya berkisar 1.000 s.d. 1.500 pesos di supermarket,  tapi kalo di pasar tradisional  lebih murah lagi dan  terkadang lebih segar.   Saya beli buah ini kalo lagi booming, alasannya adalah relatif murah. Kalau di jakarta aku sangat jarang beli dan  makan buah ini, disamping jarang yang jual atau dijual  hanya ditempat jual buah yang khusus dengan harga relatif mahal. Menurut aku rasanya sedikit beda dengan cherry yang ada di santiago. Oh ya cherry lezat juga lho kalau dikonsumsi bareng dengan es krim dan yogurt, juga dibentuk juice.

Apa sih kegunaan buah Cherry ?

Selama musim cherry, dan selagi harganya tidak terlalu mahal, buah ini hampir tiap hari ada dirumah. Saya suka buah ini, alasannya disamping rasanya  yummy,  relatif tidak terlalu mahal, saat  dimakan  gak ribet,  cherry seperti buah yang turun dari “surga”,  sama dengan anggur,  gak pake dikupas,  hanya dicuci higienis dan pribadi mampu dimakan (ada yang bilang si cherry  ini rawan pestisida, jadi kalo dicuci harus dipastikan bersih).

Karena keranjingan makan cherry, iseng-iseng aku buka om google untuk tahu tentang manfaat si cherry. Ternyata cherry mempunyai banyak manfaat buat kesehatan, dan ini membuat saya jadi makin bahagia makan buah super  lezat ini. Dibawah ini manfaat buah cherry yang saya peroleh dari berbagai sumber,  keuntungannya yakni :

- Berkhasiat untuk membantu badan menjadi sehat alasannya kandungan nutrisi dan rendah kalori. Menurut penelitian para ahli, didalam buah ini ada zat yang dapat melawan peradangan dan kanker, alasannya adalah  didalam cherry terkandung quercetin dan asam ellagic (zat yang dipercaya dapat menghambat  tumor yang tumbuh dan  mematikan sel kanker), juga baik bagi penderita kolesterol yang akibatnya bila dikonsumsi reguler dipercaya setidaknya dapat mencegah stroke ringan (bukan mengobati).

- Menurut penelitian  ahli bedah jantung dari universitas michigan, dr steven f. bolling  yang meneliti sekelompok tikus yang diberi asupan  makanan yang dicampur cherry,  dengan tikus yang tidak diberi asupan masakan adonan cherry, setelah  84 hari  tikus yang diberi  cherry  kadar lemaknya menurun ;

- Mengandung antiviral, antibakteri, juga ada zat yang disebut dapat menurunkan kadar asam urat pada darah, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi. Dalam pengobatan china dipercaya mengurangi sakit asam urat, artritis, rematik.  bahkan dengan kandungan zat besi dalap melawan anemia secara alami;

- Mengandung anthocyanins  yang disebut mampu melindungi sel otak dan kerusakan saraf yang terjadi pada penderita alzheimer;

- Mengandung antioksidan.  Menurut para ahli antioksidan ialah   zat yang dibutuhkan oleh badan. Di badan kita ada  radikal bebas, pada jumlah tertentu, radikal bebas diperlukan untuk  membantu sel darah putih atau lekosit guna menghancurkan atau memakan basil yang masuk ke dalam badan. Kalau radikal bebas terdapat banyak pada tubuh mampu berakibat "penuaan dini" alasannya dapat merusak senyawa lemak yang menciptakan kulit kehilangan kekencangan dan gampang keriput. Oksidan juga disebut-sebut dapat mencegah tumbuhnya "sel kanker pada payudara wanita".

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perihal Dan Seputar Manfaat Buah Cherry"

Post a Comment