Hasilkan Uang Dari Short Link

Imbas Jelek Limbah Plastik Bagi Kesehatan Dan Lingkungan

Dampak Buruk Limbah Plastik Bagi Kesehatan dan Lingkungan Dampak Buruk Limbah Plastik Bagi Kesehatan dan Lingkungan
Dampak Buruk Limbah Plastik Bagi Kesehatan dan Lingkungan

Sekilas wacana Plastik !
     Plastik ditemukan pertama kali pada tanggal 14 November 1863 oleh warga Amerika berkebangsaan Belgia,yang bernama Leo Hendrik Baekeland. Dan jenis plastik yang ditemukan ialah Bakelit (tahan panas), sedangkan John Wesley Hyatt menemukan plastik berjenis lunak (seluloid). Bahannya yakni berupa gabungan dari selulosa nitrat dan kamfor yang dilarutkan dalam alcohol. Dan plastik yang sering kita pakai yaitu jenis plastik Bakelit.

  • Penggolongan jenis plastik
  1. Termoset
       Plastik tidak dapat di daur ulang. Contoh : peralatan makan dari melamin, komponen /sparepart pada kendaraan, peralatan listrik (isolator, saklar, stop kontak, dudukan lampu (Bakelit), Sesrat, tekstil (dakron& tetoron (polyester) .

2.Termoplastik
    Bisa di daur ulang. Contoh : materi pembungkus makanan, botol (polyetthylene), pengganti logam, pelapis alat-alat masak (teflon), pipa, tyro foam, mainan anak, wadah makan &minuman.

  • Dampak Buruk Bagi Kesehatan
Adapun dampak jelek bagi kesehatan dari sampah plastik yaitu  sebagai berikut :
  1. Depresi
       Potensi depresi ini juga dapat disebabkan oleh paparan senyawa dari plastik saat proses pembakaran yang tidak sempurna.

 2.Pembekakan hati
   
       Kemasan plastik yang digunakan untuk membungkus makanan dan minuman panas ternyata dapat mengakibatkan pembekakan hati loh sobat sehat. Karena plastik sifatnya daur ulang.

3.Gangguan reproduksi
     Hal ini disebabkan adanya bahan kimia suplemen yang beragam

4.Radang paru-paru
      Zat karsinogenik yang keluar dari penggunaan botol/ plastik ketika terkena paparan panas akan menyebabkan radang paru-paru .

  • Dampak  Buruk Bagi Lingkungan

         Selain buruk bagi kesehatan ternyata sampah plastik juga bisa mensugesti lingkungan loh sobat sehat, seperti potret diatas adalah salah satunya.
    Dampak lainnya mari kita baca penjabaran berikut ini yaa sahabat sehat :

  1. Menurunkan kesuburan tanah
   

   
       Karena sirkulasi udara dalam tanah menjadi terhalang, ruang gerak makhluk bawah tanah pun menjadi terhambat & terganggu. Sedangkan makhluk bawah tanah tersebut adalah untuk menyuburkan tanah.

 2. Menjerat binatang

      Sampah plastik yang dibuang ke perairan sungai /maritim sangat besar peluang bagi binatang tersebut untuk terjerat plastik.

 3. Meracuni makhluk hidup

4. Pencemaran air

    Tahu nggak sobat sehat ternyata sampah plastik juga mampu mencemari air loh. Karena materi kimia yang terkandung dalam plastik seperti,  Bisphenol A, Styrene Trimer, Polystyrene mampu mencemari air.  Hii mengerikan kan sobat sehat kalo mampu terjadi mirip potret diatas.

5.Polusi Udara
   
      Proses pembakaran ini akan membuat atmosfer tercemar, alasannya saat sampah plastik di bakar bahan kimia yang menjadi racun akan menyebar ke udara yang menimbulkan polusi udara.
 
     Nah mungkin artikel diatas ialah salah satu alasan kenapa pemerintah mensosialisasikan upaya meminimalisir penggunaan plastik guys. Makara sahabat sehat juga harus sadar yaa bahaya sampah plastik terhadap lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan membawa plastik sendiri dari rumah dikala berbelanja.
 
    "Sekecil apapun kebaikan akan mencerminkan eksklusif mu"
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Imbas Jelek Limbah Plastik Bagi Kesehatan Dan Lingkungan"

Post a Comment